Mikrotik RouterOS merupakan Operating System untuk perangkat routerboard, OS ini bisa di download secara gratis di mikrotik.com/download. Selain untuk routerboard, OS ini dapat diinstal langsung di PC maupun Virtualisasi seperti VMWare atau Virtualbox. Walaupun OS tersebut gratis, tetapi terdapat lisensi di dalamnya, dimana lisensi ini yang akan membatasi fitur fitur yang dapat anda gunakan.

Lisensi ini mengikat pada media penyimpanan, sehingga jika harddisk/media penyimpanan router anda rusak, anda perlu lisensi baru. Pada Mikrotik RouterOS terdapat 6 lisensi, lisensi terendah adalah lisensi level 0 dan tertinggi adalah lisensi level 6, pada dasarnya fitur setiap lisensi hampir sama, perbedaannya adalah pada jumlah user yang bisa dikelola.

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang lisensi RouterOS bisa klik https://belajarmikrotik.com/lisensi-mikrotik-routeros/

Free license

Lisensi di mikrotik ada yang gratis dan ada yang berbayar, lisensi gratis bisa didapatkan dengan cara register akun di mikrotik.com, lisensi berbayar bisa dibeli di web resmi mikrotik.com atau di distributor mikrotik lainnya.

License Gratis

  1. Lisensi Level 0
  2. Lisensi Level 1

License Berbayar

  1. Lisensi Level 4
  2. Lisensi Level 5
  3. Lisensi Level 6

Untuk lisensi Level 3 tidak dijual, lisensi tersebut khusus untuk perangkat CPE (Customer Premises Equipment) dimana perangkat ini hanya berfungsi sebagai koneksi Point to Point (station)

Generate Key License Level 1

Sebelum mengenerate lisensi level 1, anda harus sudah mempunyai akun di mikrotik.com terlebih dahulu, untuk cara mendaftar bisa cek link di https://belajarmikrotik.com/cara-membuat-account-mikrotik/

Setelah mendaftar, ikuti langkah dibawah ini untuk generate key lisensi level 1

  1. Pastikan sudah mempunyai akun di mikrotik.com, lalu login ke akun anda
  2. Munculkan toggle menu yang ada di kiri atas, lalu klik “make a demo key”

 

3. Cek Software ID RouterOS anda, Software ID ini digunakan untuk generate key license. Buka Winbox, masuk ke System -> License.

 

4. Masukkan Software ID router ke bagian Software ID yang ada di web mikrotik, lalu generate


5. Copy license key yang sudah ter generate

6. Buka kembali winbox, masih di menu license, klik paste key, lalu yes untuk reboot

7. Setelah reboot selesai, buka Kembali winbox, dan perhatikan di bagian license, pastikan lisensi sudah berubah ke Level 1

Anda dapat mengetahui lebih banyak mengenai Mikrotik RouterBoard dengan mengikuti training di belajarmikrotik.com

DAFTAR TRAINING